Adakah Metode Penyembuhan Thalassemia? Inilah Penjelasannya


Jika menyembuhkan thalassemia secara total, maka belum ada metode yang mampu mepenyembuhkan. Meski demikian, terdapat beberapa metode penyembuhan thalassemia berupa penanganan gejala yang dialami. Jika demikian, penderita mampu bertahan hidup dan mengembalikan fungsi organ tubuhnya agar kembali normal.

  1. Transfusi Darah
Image result for transfusi darah

Thalassemia yang disebabkan adanya mutasi gen dan menyebabkan kondisi hemoglobin tidak normal ini memang harus segera diatasi. Upaya yang tepat untuk mengatasinya memang berupa transfusi darah karena tentu saja penderita sangat membutuhkan hemoglobin yang sehat agar pengikatan oksigen dan metabolisme tubuh dapat berlangsung dengan baik.

Transfusi sel darah merah menjadi pengobatan utama untuk penderita thalassemia dalam kategori sedang atau berat. Pasalnya, penderita thalassemia minor atau ringan tidak membutuhkan transfusi karena tidak mengalami kerusakan hemoglobin dan tidak mengalami gejala. Kasus ini berarti bahwa penderitanya hanya membawa gen bersifat thalassemia dengan mutasi terbatas. Jika memang membutuhkan transfusi, itu hanya berlaku dalam kondisi tertentu.

Berbeda dengan orang dengan thalassemia mayor yang perlu melakukan transfusi berulang sepanjang hidup agar dapat terus bertahan hidup. Metode penyembuhan thalassemia ini mencukupi kebutuhan sel darah merah yang sehat dengan hemoglobin normal. Dengan demikian, jenis thalassemia juga memengaruhi seberapa sering Anda perlu transfusi.

  1. Terapi Kelasi

Bukan tanpa efek samping, metode penyembuhan dengan transfusi darah demi mencukupi kebutuhan sel darah merah ternyata juga menimbulkan persoalan baru. Setelah sekian lama mendapatkan transfusi darah, terjadilah penumpukan zat besi pada tubuh agar mampu memproduksi hemoglobin yang normal.

Reaksi alami tubuh ini justru menjadi tidak baik jika terdapat zat besi berlebih karena bisa merusak hati, jantung, serta bagian tubuh lainnya. Untuk mengatasi hal ini, dokter menerapkan terapi kelasi dalam upaya penyembuhan thalassemia. Dilansir dari hellosehat.com, caranya adalah dengan memberikan dua obat-obatan yaitu Deferoxamine dan Deferasirox.

  1. Mengonsumsi Suplemen Asam Folat
Image result for suplemen asam folat

Metode berikutnya yang penting untuk menyembuhkan gejala yang timbul pada penderita adalah dengan memberikan suplemen asam folat. Suplemen ini mampu membantu tubuh untuk memproduksi sel-sel darah yang sehat dengan hemoglobin yang normal. Pemberian suplemen ini juga tidak boleh dilakukan tanpa petunjuk dokter. Penderita harus menunggu anjuran dokter dalam mengonsumsi suplemen agar sesuai dengan kebutuhan tubuh dan tidak menimbulkan efek samping. Aturan konsumsinya juga harus ditaati.

  1. Transplantasi Sumsum Tulang

Metode penyembuhan thalassemia yang terakhir adalah transplantasi sumsum tulang. Hal ini dilakukan apabila metode sebelumnya di atas tidak berfungsi optimal lagi untuk tubuh. Hal tersebut juga dilakukan jika ada peluang dilakukan transplantasi yaitu kondisi pasien mendukung dan sudah ditemukan pendonor yang tepat.

Pada umumnya, upaya ini dilakukan dalam kasus yang paling parah. Dengan tindakan ini, diharapkan transplantasi sumsum tulang mampu membantu mengganti sel-sel yang rusak dengan sel yang sehat dari pendonor (biasanya adalah kerabat sebagai saudara atau saudari).

  1. Pengobatan Komplikasi
Image result for pengobatan dokter

Penyembuhan thalassemia juga terkait dengan pengobatan komplikasi yang mungkin terjadi saat kondisi tubuh lemah atau mempunyai riwayat penyakit lain. Selain itu, kemungkinan terjadinya komplikasi juga disebabkan oleh mutasi gen yang parah. Dengan demikian, dokter akan mengobati komplikasi yang diderita pasien sesegera mungkin agar tidak menurunkan kondisi tubuh.

Penyembuhan thalassemia memang belum bisa dilakukan secara total karena terkait dengan penyebabnya yaitu mutasi gen yang belum juga diketahui bagaimana bisa terjadi. Meski demikian, beberapa metode di atas mampu menyelamatkan penderita agar bisa tetap beraktivitas seperti orang normal, kondisinya stabil, dan fungsi tubuh kembali normal. Hal ini sangat penting agar penderita mampu bertahan hidup.

Sumber artikel:

www.halodoc.com

hellosehat.com

Sumber gambar:

www.netralnews.com

informasitips.com

palembang.tribunnews.com

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>