Cara Menulis Surat Pengantar Sederhana, Namun Kuat

Cara Menulis Surat Pengantar Sederhana, Namun Kuat

Tahukah Anda bahwa lebih dari 85% resume yang diterima oleh manajer perekrutan tiba tanpa surat pengantar

Sumber : Applicant Tracking System In Dubai

Meskipun itu mungkin tidak berarti banyak bagi Anda, itu sangat berarti bagi orang-orang yang meninjau dan memeriksa resume untuk pekerjaan yang Anda lamar. Resume yang dikirim tanpa seseorang meluangkan waktu untuk menulis surat pengantar muncul kepada manajer perekrutan untuk disampaikan hampir secara membabi buta. Seolah-olah pelamar pekerjaan telah mengirimkan resume mereka ke banyak pekerjaan – pendekatan senapan – berharap seseorang akan memanggil mereka kembali.

Ini BUKAN jenis kesan pertama yang ingin Anda berikan kepada manajer perekrutan.

Di sisi lain, resume yang datang dengan surat pengantar mendapat perhatian ekstra dan seringkali resume pertama yang ditinjau oleh personel HR. Surat lamaran memberi tahu manajer perekrutan bahwa Anda cukup peduli dengan pekerjaan yang Anda lamar sehingga penting bagi Anda untuk berdiri di atas persaingan. Ketika Anda meluangkan waktu untuk menulis surat pengantar, itu juga menunjukkan inisiatif dan membuktikan kemampuan dan kemauan Anda untuk bekerja lebih keras. Ini menandakan bahwa Anda adalah seseorang yang memperhatikan detail dan bahwa Anda bersedia melakukan apa yang tidak ingin dilakukan oleh pelamar lain (dan pekerja).

Intinya, ini menunjukkan bahwa Anda terorganisir, cakap, dan profesional. Surat pengantar yang ditulis dengan baik memberi tahu manajer perekrutan bahwa Anda serius untuk mendapatkan pekerjaan itu, dan itu memberi Anda peluang terbaik (bersama dengan resume yang relevan) untuk melakukan wawancara dan akhirnya pekerjaan yang benar-benar Anda inginkan.

Meskipun surat pengantar adalah manfaat besar bagi pelamar pekerjaan, ada dua hal yang harus dihindari dan beberapa praktik terbaik yang dapat Anda gunakan untuk memastikan surat pengantar Anda adalah kepala dan ekor di atas orang lain.

Cara Mengatasi Surat Pengantar Anda

Mari kita mulai dengan apa yang harus dihindari. Hal paling jelas yang ingin Anda hindari adalah menulis surat lamaran generik yang tidak spesifik untuk pekerjaan yang Anda lamar. Melakukan hal itu akan menghapus manfaat dari menyatukan seseorang untuk memulainya. Hal pertama yang ingin Anda hindari adalah menyurati surat Anda ke generik Kepada Siapa Peduli. Ini, sekali lagi, hanya menyatukan Anda ke tumpukan surat pengantar generik, dan tidak membedakan Anda dari pelamar lainnya.

Untuk menghindari hal ini, cobalah mencari tahu nama manajer yang mempekerjakan atau jabatan, dan arahkan surat pengantar kepadanya. Jika ini tidak memungkinkan, maka alamat berikut adalah yang terbaik

1) Alamat surat lamaran Anda ke kepala departemen yang Anda lamar. Jadi jika itu adalah penjualan, gunakan Dear Hiring Sales Manager, atau Direktur Pemasaran Perekrutan yang terhormat, atau Direktur SDM yang Terhormat.
2) Jika Anda tidak tahu departemen, maka alamat yang baik adalah Manajer Perekrutan yang terhormat, atau Direktur Sumber Daya Manusia yang Terhormat.
3) Jika Anda tahu nama manajer perekrutan, maka selalu gunakan nama mereka sebagai Dear Mr. Brooks, atau Dear Ms. Collins.

Ini adalah jenis detail yang hanya membutuhkan satu atau dua menit untuk menyesuaikan, tetapi hal itu membuat kesan pertama yang besar pada manajer perekrutan. Sekali lagi, ini membuktikan bahwa Anda cukup peduli – dan cukup banyak akal – untuk meluangkan waktu melampaui apa yang tidak ingin dilakukan mayoritas pencari kerja. Kesimpulannya adalah bahwa Anda juga akan lebih terorganisir dan lebih berorientasi pada pekerjaan. Dan ini adalah jenis orang yang mencari personil mencari.

Selanjutnya, isi surat pengantar adalah tempat Anda akan membuat atau menghancurkan kesan yang baik. Sekarang, jangan terintimidasi di sini. Manajer perekrutan tidak mencari esai perguruan tinggi, juga tidak mencari sampel keterampilan menulis Anda. Apa yang mereka inginkan, namun – dan apa yang ingin Anda berikan kepada mereka – adalah mengapa Anda memiliki kualifikasi unik untuk pekerjaan khusus ini. Dengan kata lain, mereka mencari pengalaman relevan yang cocok secara spesifik dengan posisi yang Anda lamar.

Izinkan saya mengatakan itu lagi karena ini adalah kunci Apa yang dicari manajer perekrutan adalah pengalaman Anda yang relevan yang secara langsung berkaitan dengan keterampilan kerja dan tugas khusus yang mereka rekrut.

Dan kabar baiknya adalah ada beberapa cara mudah, pasti, praktik terbaik yang dapat Anda ikuti yang akan segera memberi mereka apa yang mereka cari. Berikut ini cara melakukannya

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>